Kamu Wajib Tahu, 4 Penyebab Air Mani Encer


Mitos soal kesuburan pria seakan tidak ada habisnya. Salah satu mitos yang paling sering dibicarakan adalah air mani lelaki yang terasa encer. Air mani lelaki yang terasa encer disebut menandakan adanya masalah kesuburan, hingga bisa menyebabkan kemandulan.

Padahal, pakar mengatakan air mani terasa encer tidak berhubungan dengan kesuburan lelaki. Meski sebenarnya pakar sudah membantah hal tersebut, masih ada keraguan dari kaum lelaki soal penyebab air mani terasa encer.

1. Volume sperma

Air mani terasa encer dikarenakan kekentalan yang berkurang. Salah satu penyebabnya adalah volume sperma yang tidak terlalu banyak.

Hal ini bisa berhubungan dengan jumlah ejakulasi yang dilakukan lelaki dalam seminggu. Semakin sering ejakulasi, makan semakin encer pula air maninya.

2. Kurang fruktosa


Kekurangan fruktosa membuat cairan mani yang keluar saat penetrasi menjadi lebih bening dari sebelumnya. Kekentalan juga menurun akibat makanan yang dikonsumsi oleh pria sehari-hari. Oleh karena itu pria disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan memperbanyak buah dan sayuran.

Pria juga disarankan untuk melakukan olahraga meski tidak boleh berlebihan. Kalau olahraga yang berlebihan dilakukan, kemungkinan sperma encer juga besar karena fruktosa terpakai hingga habis.

3. Jumlah sel sperma

Jumlah sel sperma yang normal sekitar 15 juta setiap militer air mani. Kalau jumlah sperma yang dimiliki berada di bawah jumlah normal, kemungkinan terjadi sperma encer akan besar. Kalau Anda sering mengeluarkan sperma encer ada baiknya untuk segera memeriksakan diri.

4. Ejakulasi terbalik

Ejakulasi terbalik atau ejakulasi retrograde bisa terjadi pada yang mengalami gangguan di prostat atau kandung kemih. Sperma yang harusnya keluar di luar, justru masuk dan bercampur dengan urine.


Lalu bagaimana mengatasinya? Anda bisa konsumsi suplemen herbal khusus pria dan selalu jaga pola makan yang sehat serta gaya hidup juga.

1 komentar:

  1. If you're trying to burn fat then you certainly need to get on this brand new personalized keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, fitness couches, and top chefs have united to produce keto meal plans that are productive, painless, price-efficient, and enjoyable.

    Since their first launch in January 2019, thousands of individuals have already remodeled their figure and health with the benefits a good keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones offered by the keto meal plan.

    BalasHapus