Bolehkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Saat Puasa?


Tubuh manusia membutuhkan beragam vitamin dan mineral agar dapat bekerja dengan baik. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, mencegah berbagai penyakit degeneratif dan berbagai manfaat lainnya.

Saat berpuasa terkadang kita mengonsumsi suplemen agar vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Tapi Anda harus hati-hati dalam mengonsumsi vitamin, karena ternyata kelebihan vitamin sama berbahayanya dengan kekurangan vitamin. Bisa imbangi saja dengan alat terapi kesehatan misalnya.

Specialist Farmakologi menegaskan, segala sesuatu yang kekurangan atau berlebihan tidak bagus. Menurutnya, yang bagus adalah yang seimbang. Kalau di dunia medis, kelebihan vitamin dinamakan hipervitaminosis. Kalau kekurangan vitamin dinamakan avitaminosis.

"Misalnya ketikakekurangan vitamin D, badan lemas, tulang tulang sakit, bisa menyebabkan depresi. Bahkan studi mengatakan kekurangan vitamin D rentan terhadap penyakit tertentu seperti kanker. Kalau kelebihan vitamin D berisiko terkena batu ginjal.

Ayo Hidup Sehat

Lalu perlukah kita mengkonsumsi multivitamin saat puasa atau cukup dengan makanan yang tersedia saja?

Idealnya kita mengecek kadar vitamin dalam tubuh terlebih dahulu sebelum mengonsumsi vitamin, misalnya kadar vitamin D atau A. Namun, bila tidak bisa mengecek ke dokter, tubuh manusia akan memberikan tanda-tanda bila tubuh kekurangan vitamin.

Misalnya badan kelelahan dan produtivitas turun itu berarti kekurangan vitamin. Itu menandakan tubuh kekurangan vitamin jadi boleh mengonsumsi vitamin. Suplemen vitamin dapat diminum untuk memperbaiki sirkulasi tubuh, metobolisme tubuh. Jika motabolisme tubuh meningkat, energi juga meningkat. Namun, suplemen vitamin tidak dapat mengganti makanan alami.

Buah-buahan sehat untuk tubuh

Sebaiknya pada waktu sahur meminum air mineral yang banyak, dan memakan makanan berserat yang cukup. Dan, jangan memperbanyak karbohidrat, karena bisa menyebabkan badan cepat lemas.

Kapan kita bisa mengonsumsi suplemen vitamin? Ketika badan sedang sakit, asupan gizi tidak seimbang. Kalau dalam kondisi khusus misal ibu hamil, lansia, orang dalam masa pemulihan sakit, atau perempuan yang sedang menstruasi.

Pahami Manfaat Memiliki Alat Terapi Dirumah


Alat Terapi saat ini banyak digunakan oleh individu untuk bisa menerapakan alat terapi tersebut sendiri dirumah. Selain dapat menggunakan Alat Terapi dirumah dengan leluasa tentunya anda juga bisa menghemat biaya terapi.

Dengan memiliki Alat Terapi seperti gelang dan kalung sendiri anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk terapi diterapis ternama. Selain itu anda juga bisa lebih sering terapi sehingga kesehatan anda lebih cepat pulih dengan melakukan terapi secara rutin.

Alat terapi bukan hanya digunakan saat anda sedang mengalami gangguan kesehatan saja tapi juga bisa anda gunakan saat anda dalam keadaan sehat untuk membantu anda menjaga kebugaran tubuh anda.

Memiliki Alat Terapi sendiri juga membuat anda lebih leluasa dan tidak enggan menggunakannya tidak seperti jika anda terapi ditempat terapis khusus atau dirumah sakit. Selain itu dengan memiliki Alat Terapi sendiri anda juga bisa memakainya secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

Berbagai Jenis Alat Terapi Untuk Keperluan Kesehatan


Dalam dunia kesehatan ada banyak Alat Terapi yang bisa anda gunakan untuk menjaga kebugaran tubuh anda atau untuk mempercepat kesembuhan dari suatu penyakit. Beberapa jenis alat terapi untuk kesehatan kebugaran yang bisa anda miliki adalah alat terapi kalung dan gelang.

Kalung dan gelang kesehatan merupakan salah satu Alat terapi yang saat ini cukup populer karena memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu untuk mencegah berbagai penyakit tanpa harus minum obat.

3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Olahraga Lari


Syarat agar tubuh menjadi sehat ialah selalu berpikir positif, menjaga pola makan sehat, dan tentunya olahraga, salah satunya olahraga lari.

Banyak yang memilih olahraga lari karena kita bisa mengatur kapan waktu untuk lari (pagi/sore/malam), dan tak perlu keluar biaya semahal datang ke tempat ngegym atau olahraga yoga yang membutuhkan instruktur, kamu bisa sehat tanpa harus keluar budget berlebih.

Meski olahraga lari ini banyak diminati dan mudah untuk dilakukan, bahkan kini menjadi olahraga yang 'kekinian'/trend dengan banyaknya komunitas lari dan postingan di sosial media membuat orang yang tak suka berlari menjadi terbawa demam olahraga lari.

Nah, buat kamu yang ingin menjalankan olahraga lari, sudah betul-betul mempersiapkan diri belum? Yuk, persiapkan 3 hal berikut ini sebelum lakukan olahraga lari!

1. Waktu

Fokus pada waktu, bukan jarak atau kecepatan Anda. Berlari jarak jauh bisa mengintimidasi bagi pelari pemula. Dengan tidak menitikberatkan fokus pada kecepatan dan jarak, Anda bisa lebih fokus meningkatkan kemampuan lari serta menikmatinya.

Disarankan untuk berlari selama 30 menit, bisa digabung dengan berjalan jika diperlukan. Dan secara perlahan Anda bisa menambah durasinya.

2. Fisik

Beberapa faktor yang menentukan apakah seseorang aman untuk berlari. Secara statistik lari tidak meningkatkan angka kejadian serangan jantung. Namun, penting untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh.

Hal ini berlaku bagi orang yang baru akan memulai lari atau kembali ingin merutinkan lari setelah lama vakum. Cara memastikan kondisi kesehatan yaitu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up). Jadi, coba dulu lakukan medical check up ya.

3. Pakaian dan Sepatu

Pilihlah pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat, seperti kain yang mengandung polypropylene atau kain Coolmax dan Supplex sehingga keringat cepat menguap dan tubuh tetap sejuk. Hindari kain yang pori-porinya rapat atau bahkan tidak berpori.

Terlihat sepele, namun, mempersiapkan dan memilih sepatu yang tepat untuk menjadi teman kita untuk melakukan olahraga lari itu penting banget, lho!

Yap, kamu bisa pilih sepatu olahraga lari dari 910 yang memiliki bahan upper yang terbuat dari mesh berkualitas tinggi dan dilengkapi struktur pondasi berbahan PU synthetic, yang membuat desain bentuknya terlihat lebih modis serta memberikan kenyamanan bagi kontur kaki, plus acro + gel tech yang terdapat di insole berfungsi untuk meredam benturan antara kaki dengan permukaan sehingga resiko terjadinya luka dapat diminimkan.

Outsolenya terbuat dari Phylon berkualitas tinggi yang mampu mencegah terjadinya slip ketika berlari, telah teruji dan hasilnya sungguh memuaskan. Cocok untuk lari sedang atau jalan-jalan.

Pentingnya Pakai Kacamata Anti Radiasi Handphone

Diskusi mengenai bahaya radiasi ponsel sudah lama dilakukan. Sebab, seperti kita tahu ponsel memancarkan frekuensi radio dan gelombang radio (radio frecuency - RF). Sehingga, pancaran itu sangat mungkin menimbulkan gangguan kesehatan.

Gelombang RF yang bisa menyebabkan kanker otak, sakit kepala, berkurangnya daya ingat, juga kurang tidur. Gangguan kesehatan ini akan berdampak lebih buruk kepada anak-anak. Sebab, terpaan energi dari gelombang RF di otak anak-anak bisa berdampak lebih besar dari orang dewasa.

Salah mencegahnya bisa dengan menggunakan kacamata. Kacamata merupakan salah satu alat penunjang kecantikan laki-laki maupun perempuan. Namun, alangkah baiknya jika kacamata yang kita pakai tak sekedar gaya-gayaan semata ya.

Tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan kita, kacamata anti radiasi sinar Ultra Violet (UV). Kini banyak kok di pasaran dijual kacamata dengan desain kece namun ada anti radiasi sinar UV-nya.

Apalagi tak bisa dipungkiri jika sekarang, di era teknologi yang serba canggih, televisi, ponsel, tablet, notebook serta komputer telah menjadi kebutuhan dasar. Selain kebutuhan, beberapa produk elektronik tersebut telah menjadi bagian dari tren dan gaya hidup (lifestyle) masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

Maka dari Anda sebagai pengguna gadget era sekarang harus menyadari betapa pentingnya memakai kacamata anti radiasi UV ini. Hal ini dimaksudkan agar kesehatan mata tidak cepat rusak, memang masih banyak yang belum menyadari itu, padahal sangat bagus untuk kesehatan mata lho.

Awas!! Inilah 4 Tanda Anda Terkena Penyakit Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Diperkirakan sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia didiagnosis kanker prostat dan terdapat 307.000 kasus kematian pada tahun 2012.

American Cancer Society menyebutkan, tingkat kelangsungan hidup menurun drastis menjadi 29 persen jika pengobatan terlambat. Karena itu, pemahaman mengenai ciri-ciri kanker prostat harus lebih dahulu Anda dapatkan. Apa saja gejala yang biasa muncul?

1. Sering buang air kecil

Pertanda awal yang harus Anda catat adalah ketika Anda lebih sering buang air kecil, baik pada pagi hari dan malam hari. Kesulitan dan kesakitan saat mengeluarkan air seni adalah tanda peringatan lainnya.

2. Sakit punggung

Jangan mengabaikan rasa sakit pada punggung dengan menganggap itu hanya masalah umur. Tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan terlebih disertai dengan gejala kanker prostat lainnya. Jika sel prostat berjalan ke tulang di punggung dan pinggul Anda, itu bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

3. Kaki membengkak

Jika kanker menyebar ke kelenjar getah bening Anda, hal itu bisa menyebabkan penyumbatan yang dikenal dengan istilah limfedema. Penumpukan cairan tersebut terjadi pada bagian tubuh tertentu salah satunya pada kaki sehingga menimbulkan rasa sakit.

4. Kesemutan dan rasa terbakar

Banyak pria percaya bahwa rasa nyeri di prostat itu normal dan akan berlalu, tapi itu bisa menjadi nyeri neuropatik yang terjadi saat kanker menyerang saraf di tulang.

Lalu apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya? Anda bisa menggunakan celana dalam kesehatan pria bernama Vince Klein.

Begini Cara Mencegah Kerontokan dan Kebotakan Rambut


Memiliki rambut yang sehat dan tebal, menjadi kebanggaan tersendiri, baik untuk pria dan wanita. Namun, saat masalah kerontokan dan kebotakan rambut terjadi, ini bisa merusak kepercayaan diri.

Masalah kerontokan dan kebotakan rambut, bisa dialami pria maupun wanita. Penyebabnya sangat beragam. Namun, sebelum masalah ini terjadi, Anda bisa mencegahnya.

Agar rambut tidak mudah rontok, hal mendasar yang harus dilakukan adalah menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala. Pisahkan penggunaan sampo dan kondisioner, dan gunakan sisir yang tidak terlalu rapat.

Untuk mereka dengan kondisi rambut berminyak selain disarankan menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambutnya, juga disarankan untuk menjaga pola makan untuk mencegah kerontokan dan kebotakan rambut.

Asupan makanan juga sangat berpengaruh, kurangi makanan berminyak, pilih sampo khusus untuk rambut berminyak. Dan untuk rambut kering, gunakan sampo khusus untuk kulit dan rambut kering, ini harus dicermati juga.

Untuk mereka dengan kepala botak, karena tidak ada rambutnya, pakai sampo yang sesuai dengan kondisi kulit kepala, pakailah sampo yang sesuai dengan kondisi kulit sensitif, karena enggak ada rambutnya, jadi akan lebih sensitif.

Untuk ibu yang baru saja melahirkan, juga rentan mengalami rambut rontok. Namun, jangan khawatir, masalah ini pun masih bisa diatasi, dengan menggunakan alat kecantikan Derma Beauty. Dengan perawatan yang tepat, rambut bisa tumbuh kembali.

3 Cara Sederhana Tingkatkan Metabolisme Tubuh Meski Sedang Puasa

Sudah diketahui bahwa metabolisme tubuh manusia semakin lambat seiring bertambahnya usia. Apalagi ketika sudah memasuki usia 20an akhir dan hampir menjejaki 30. Jika kamu sudah merasa memasuki umur itu, ada baiknya untuk mulai menjaga metabolisme tubuh. Tak hanya itu, apalagi saat ini sudah memasuki bulan puasa. Metabolisme tubuh harus tetap terjaga.

Tidak melulu mahal jika mengenai kesehatan. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil saja. Dari mulai mengubah pola makan, jenis makanan, hingga aktivitas sehari-hari. Selain dengan perantara kesehatan seperti Jam Azzahirah, berikut cara agar kamu bisa meningkatkan metabolisme tubuh!

Minum teh hijau


Meski kamu seorang coffee person, tak ada salahnya untuk mencoba minum teh hijau. Meminumnya sangat baik ketika udara dingin atau saat hujan. Jika sedang berpuasa, sempatkanlah minum teh hijau saat sahur.

Teh hijau sudah dibuktikan oleh banyak penelitian dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, minuman ini juga bisa meningkatkan energi dan membakar kalori. Teh hijau mengandung kafein dan juga catechin polyphenol yakni tipe antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Olahraga dan Tidur Cukup

Jalan-jalan siang. Untuk kamu yang kerja kantoran jalan-jalan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan kegiatan yang kamu lakukan mungkin hanya pergi ke toilet, atau mengambil air di dispenser karena sudah menitipkan makan siang pada office boy.

Namun, dengan jalan-jalan kamu bisa berkomunikasi dengan teman-teman yang lain. Hal itu bisa membantu tubuh agar kembali berenergi dan fokus. Jadi, lebih baik kamu mulai jalan untuk membeli makan siang sendiri ya. Atau olahraga di belakang meja kantor juga bisa dilakukan.

Perbanyak waktu tidur. Tak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan bisa membuatmu kurang tidur. Bukan hanya itu, terkadang waktu untuk bermain bersama teman usai dari kantor atau kampus pun mengurangi waktu istirahat.

Jika tubuh kamu terlalu lelah, akan sulit baginya untuk menciptakan energi dan melawan penyakit. Konsistensi untuk beristirahat bisa membuatmu tetap sehat dan produktif. Jangan lupa tidur cukup ya, girls!

Perbanyak Protein dan Mandi Air Dingin


Perbanyak protein dalam makanan. Jika kamu bingung menu apa yang baik untuk santapanmu, memilih sayuran, ayam, serta omelet pun bisa menjadi pilihan. Menyantap hidangan yang penuh dengan protein juga bisa meningkatkan metabolisme.

Tak hanya itu, dengan menyantap makanan kamu juga bisa membakar kalori lebih banyak. Yup, ketika sarapan yang kamu konsumsi penuh protein, tubuh akan membakar kalori lebih banyak meski kamu hanya bermalas-malasan dan tak melakukan apapun.

Mandi air dingin. Banyak yang mengatakan bahwa mandi air di pagi hari bisa bikin masuk angin. Namun, dinginnya udara dan air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme meski kamu tengah beristirahat atau beraktivitas.

Tingkat metabolisme tubuhmu bisa meningkat hingga lima kali saat istirahat dalam tekanan udara dingin. Hal tersebut dikarenakan ketika tubuh menggigil, ia akan menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu inti yang stabil.