3 Cara Sederhana Tingkatkan Metabolisme Tubuh Meski Sedang Puasa

Sudah diketahui bahwa metabolisme tubuh manusia semakin lambat seiring bertambahnya usia. Apalagi ketika sudah memasuki usia 20an akhir dan hampir menjejaki 30. Jika kamu sudah merasa memasuki umur itu, ada baiknya untuk mulai menjaga metabolisme tubuh. Tak hanya itu, apalagi saat ini sudah memasuki bulan puasa. Metabolisme tubuh harus tetap terjaga.

Tidak melulu mahal jika mengenai kesehatan. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil saja. Dari mulai mengubah pola makan, jenis makanan, hingga aktivitas sehari-hari. Selain dengan perantara kesehatan seperti Jam Azzahirah, berikut cara agar kamu bisa meningkatkan metabolisme tubuh!

Minum teh hijau


Meski kamu seorang coffee person, tak ada salahnya untuk mencoba minum teh hijau. Meminumnya sangat baik ketika udara dingin atau saat hujan. Jika sedang berpuasa, sempatkanlah minum teh hijau saat sahur.

Teh hijau sudah dibuktikan oleh banyak penelitian dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, minuman ini juga bisa meningkatkan energi dan membakar kalori. Teh hijau mengandung kafein dan juga catechin polyphenol yakni tipe antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Olahraga dan Tidur Cukup

Jalan-jalan siang. Untuk kamu yang kerja kantoran jalan-jalan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan kegiatan yang kamu lakukan mungkin hanya pergi ke toilet, atau mengambil air di dispenser karena sudah menitipkan makan siang pada office boy.

Namun, dengan jalan-jalan kamu bisa berkomunikasi dengan teman-teman yang lain. Hal itu bisa membantu tubuh agar kembali berenergi dan fokus. Jadi, lebih baik kamu mulai jalan untuk membeli makan siang sendiri ya. Atau olahraga di belakang meja kantor juga bisa dilakukan.

Perbanyak waktu tidur. Tak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan bisa membuatmu kurang tidur. Bukan hanya itu, terkadang waktu untuk bermain bersama teman usai dari kantor atau kampus pun mengurangi waktu istirahat.

Jika tubuh kamu terlalu lelah, akan sulit baginya untuk menciptakan energi dan melawan penyakit. Konsistensi untuk beristirahat bisa membuatmu tetap sehat dan produktif. Jangan lupa tidur cukup ya, girls!

Perbanyak Protein dan Mandi Air Dingin


Perbanyak protein dalam makanan. Jika kamu bingung menu apa yang baik untuk santapanmu, memilih sayuran, ayam, serta omelet pun bisa menjadi pilihan. Menyantap hidangan yang penuh dengan protein juga bisa meningkatkan metabolisme.

Tak hanya itu, dengan menyantap makanan kamu juga bisa membakar kalori lebih banyak. Yup, ketika sarapan yang kamu konsumsi penuh protein, tubuh akan membakar kalori lebih banyak meski kamu hanya bermalas-malasan dan tak melakukan apapun.

Mandi air dingin. Banyak yang mengatakan bahwa mandi air di pagi hari bisa bikin masuk angin. Namun, dinginnya udara dan air di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme meski kamu tengah beristirahat atau beraktivitas.

Tingkat metabolisme tubuhmu bisa meningkat hingga lima kali saat istirahat dalam tekanan udara dingin. Hal tersebut dikarenakan ketika tubuh menggigil, ia akan menghasilkan panas untuk mempertahankan suhu inti yang stabil.

0 komentar:

Posting Komentar