3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Olahraga Lari


Syarat agar tubuh menjadi sehat ialah selalu berpikir positif, menjaga pola makan sehat, dan tentunya olahraga, salah satunya olahraga lari.

Banyak yang memilih olahraga lari karena kita bisa mengatur kapan waktu untuk lari (pagi/sore/malam), dan tak perlu keluar biaya semahal datang ke tempat ngegym atau olahraga yoga yang membutuhkan instruktur, kamu bisa sehat tanpa harus keluar budget berlebih.

Meski olahraga lari ini banyak diminati dan mudah untuk dilakukan, bahkan kini menjadi olahraga yang 'kekinian'/trend dengan banyaknya komunitas lari dan postingan di sosial media membuat orang yang tak suka berlari menjadi terbawa demam olahraga lari.

Nah, buat kamu yang ingin menjalankan olahraga lari, sudah betul-betul mempersiapkan diri belum? Yuk, persiapkan 3 hal berikut ini sebelum lakukan olahraga lari!

1. Waktu

Fokus pada waktu, bukan jarak atau kecepatan Anda. Berlari jarak jauh bisa mengintimidasi bagi pelari pemula. Dengan tidak menitikberatkan fokus pada kecepatan dan jarak, Anda bisa lebih fokus meningkatkan kemampuan lari serta menikmatinya.

Disarankan untuk berlari selama 30 menit, bisa digabung dengan berjalan jika diperlukan. Dan secara perlahan Anda bisa menambah durasinya.

2. Fisik

Beberapa faktor yang menentukan apakah seseorang aman untuk berlari. Secara statistik lari tidak meningkatkan angka kejadian serangan jantung. Namun, penting untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh.

Hal ini berlaku bagi orang yang baru akan memulai lari atau kembali ingin merutinkan lari setelah lama vakum. Cara memastikan kondisi kesehatan yaitu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check up). Jadi, coba dulu lakukan medical check up ya.

3. Pakaian dan Sepatu

Pilihlah pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat, seperti kain yang mengandung polypropylene atau kain Coolmax dan Supplex sehingga keringat cepat menguap dan tubuh tetap sejuk. Hindari kain yang pori-porinya rapat atau bahkan tidak berpori.

Terlihat sepele, namun, mempersiapkan dan memilih sepatu yang tepat untuk menjadi teman kita untuk melakukan olahraga lari itu penting banget, lho!

Yap, kamu bisa pilih sepatu olahraga lari dari 910 yang memiliki bahan upper yang terbuat dari mesh berkualitas tinggi dan dilengkapi struktur pondasi berbahan PU synthetic, yang membuat desain bentuknya terlihat lebih modis serta memberikan kenyamanan bagi kontur kaki, plus acro + gel tech yang terdapat di insole berfungsi untuk meredam benturan antara kaki dengan permukaan sehingga resiko terjadinya luka dapat diminimkan.

Outsolenya terbuat dari Phylon berkualitas tinggi yang mampu mencegah terjadinya slip ketika berlari, telah teruji dan hasilnya sungguh memuaskan. Cocok untuk lari sedang atau jalan-jalan.

0 komentar:

Posting Komentar