5 Bahaya Tekanan Darah Tinggi Bagi Ibu Hamil

Hipertensi atau tekanan darah tinggi, merupakan kondisi yang berbahaya bagi setiap orang, termasuk ibu hamil. Dengan berbagai perubahan hormon dan melemahnya daya tahan tubuh, ibu hamil bisa mengalami hipertensi, meski tidak memiliki riwayat hipertensi sebelumnya. Itulah yang membuat hipertensi sering tidak disadari oleh ibu hamil. Maka, penting bagi ibu hamil untuk memeriksakan tekanan darahnya secara teratur.

Hipertensi saat hamil dapat mengakibatkan terjadinya beberapa hal berikut ini :

1. Kurangnya aliran darah
Tekanan darah yang tinggi dapat mengganggu peredaran darah di dalam tubuh Anda. Aliran darah menuju plasenta pun akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan bayi tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup.

2. Berat badan bayi rendah
Tidak tercukupinya nutrisi akibat aliran darah yang terhambat, juga dapat berdampak pada ukuran bayi. Berat badan bayi bisa saja rendah sampai masa melahirkan tiba. Bayi dengan berat badan lahir rendah, memiliki risiko untuk mengalami berbagai penyakit.

3. Prematur
Kurangnya asupan oksigen dan nutrisi yang didapatkan bayi, juga dapat membuat kondisi bayi menjadi gawat. Hal tersebut seringkali membuat dokter menyarankan untuk segera melakukan proses melahirkan, meski bayi belum cukup bulan atau prematur. Sementara bayi yang terlahir prematur juga memiliki berbagai risiko penyakit dan perlu mendapatkan perawatan instensif.

4. Keguguran
Risiko keguguran sangat besar dialami saat trimester pertama. Hal ini juga disebabkan karena terhambatnya aliran darah dan nutrisi ke janin, saat ibu hamil mengalami hipertensi. Maka Anda sebaiknya selalu memeriksakan keadaan janin Anda.

5. Preeklamsia

Hipertensi yang tidak segera ditangani, dapat menyebabkan terjadinya preeklamsia. Preeklamsia merupakan gangguan kehamilan yang dapat menyebabkan terjadinya komplikasi, seperti gangguan ginjal atau hati. Risiko ini biasanya akan terjadi saat usia kehamilan di atas 20 minggu. Preeklamsia merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya kematian pada ibu atau bayi saat lahir.

Untuk mengatasi 5 hal diatas, disarankan selama kehamilan untuk menggunakan terapi medis semacam kalung kesehatan Al Muslim.

0 komentar:

Poskan Komentar